Manfaat Buah Lemon dalam Kesehatan dan kecantikan

Semua orang tentu mengenal buah lemon. Buah lemon merupakan varian jeruk yang ternyata banyak dinikmati, salah satunya dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan alami. Buah lemon sama dengan buah jeruk lainnya yaitu memiliki rasa yang asam, tapi sangat menyegarkan dan kaya manfaat. Sari lemon sering dijadikan sebagai campuran dalam berbagai masakan. Tapi ternyata lemon sangat baik juga untuk kesehatan tubuh lho, juga kaya akan manfaat untuk kecantikan, menarik bukan?

Berikut ini beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan dan kecantikan

Lemon (citrus) bersifat meningkatkan kesehatan, aroma segar dan harum dari lemon sering digunakan untuk mengharumkan banyak produk rumah tangga dan kecantikan. Lemon diketahui memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, lemon telah terbukti membantu melawan infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan seringnya diminum secara rutin untuk  meningkatkan upaya penurunan berat badan.

Nama lain lemon dalam bahasa latin ” Citrus limon”,  adalah tanaman asli Asia. Kemudian diperkenalkan ke Eropa sebelum  abad ke-15. Saat itu lemon belum begitu populer meski sudah dijumpai didataran Eropa, kemudian  Christopher Columbus  memperkenalkan benih lemon ke Amerika selama perjalanannya. Lemon diproduksi secara komersial di China dan Meksiko, serta negara-negara Amerika Selatan dari Brasil dan Argentina.

Baiklah sekarang kita bahas tentang kandungan dari buah asam yang kaya akan manfaat ini . Hampir semua bagian buah lemon bisa dimanfaatkan bagi kesehatan. Jus Lemon sering banyak digunakan untuk  kesehatan yang mudah diekstrak. Lemon jus adalah asam (pH 2-3) terdiri dari sekitar 5% Asam Sitrat, bahkan daun dari pohon lemon dapat digunakan untuk membuat teh dan bumbu saat memasak daging dan makanan laut.

Buah dan kulit yang digunakan dalam penyusunan makanan dan minuman untuk rasa dan aroma. Komponen yang sangat serbaguna adalah minyak esensial yang terkandung dalam kulit tersebut. Untuk informasi lebih jelasnya , mari kita bahas lebih rinci

  • Lemon dapat berfungsi membantu kesehatan dalam berbagai bentuk, termasuk sebagai minyak esensial untuk dihirup atau dioleskan, bisa sebagai jus, teh bahkan untuk mandi dan cuci muka, juga dapat digunakan sebagai antibakteri alami.
  • Vitamin C : Lemon mengandung vitamin C, satu lemon memberikan lebih dari 60 persen nutrisi dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Banyak terdapat vitamin dan kandungan mineral didalam buah lemon.
  • Minyak Atsiri : Minyak esensial lemon berasal dari kulit, yang membuat naik sekitar 45 persen dari lemon tersebut. Minyak Lemon mengandung sekitar 70 persen limonene dan sekitar 20 persen monoterpen lainnya. Minyak ini juga mengandung sekitar 6 persen aldehida, alkohol, dan ester, seperti citral dan linalool, dengan konsentrasi kurang dari 1 persen dari kumarin.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang paling menarik dari lemon dan minyak esensial :

  • Minyak Esensial Lemon

Minyak esensial lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ditambah dengan aroma yang menyenangkan dan berbeda dengan aroma yang lain, sebagian menyebut minyak aromaterapi yang disukai. Digunakan pada tubuh dengan cara diambil secara internal jika dicairkan, atau dioleskan untuk berbagai kondisi.

  • Meningkatkan mood

Studi yang dilakukan oleh The Ohio State University menunjukkan bahwa jika subjek terkena aroma minyak lemon secara konsisten berpengaruh dengan suasana hati yang lebih baik dan lebih positif, menunjukkan efek fisik dan emosional yang berpengaruh baik terhadap otak.

  • Meningkatkan energi dan kewaspadaan

Aroma lemon juga dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, fokus, mental, dan kejelasan. Efek revitalisasi minyak lemon adalah karena aroma semangat dan energi-nya. Minyak lemon juga dapat diambil secara internal untuk meningkatkan energi.

  • Sifat antimikroba

Minyak lemon memiliki sifat antimikroba, sehingga sangat baik untuk mengurangi berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur. Hal ini dapat digunakan secara internal untuk membantu terhadap gejala pilek dan flu dan membantu melancarkan pencernaan.

  • Mengatasi Jerawat

Asam sitrat dan vitamin C yang terkandung dalam lemon telah terbukti bisa menyembuhkan jerawat. Lemon juga membunuh banyak bentuk bakteri yang diketahui penyebab jerawat. Minum jus lemon setiap hari adalah cara termudah untuk memasuki tahap-tahap penyembuhan. Menambahkan madu atau mawar dengan lemon dan dioleskan didaerah kulit yang terkena jerawat telah terbukti menjadi cara yang efektif. dilakukan rutin setiap harinya selama 2 jam.

Demikianlah artikel singkat tentang manfaat lemon  bagi kehdupan kita …..selamat mencoba 😉 jangan lupa share semoga bermanfaat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *